Windows XP Ringan dan Hardisk Lega…

Meskipun system komputasi saat ini semakin canggih saja, tetapi rasanya masih saja perlu oprek-oprek system operasi untuk mendapatkan system windows XP yang sedikit lebih Ngebut, apalagi user-user di negara kita –tercinta- ini, maaf, tergolong kebanyakan pengguna low end spec hardware, hehe…bener gak seh cara nulisnya…? gpp lah yang penting you know what I mean..hehe..

Boro-boro pengen ngerasain keren interface Aeronya Windows Vista, Pake Windows XP aja kencengnya cuma pas pertama Install aja, setelah beberapa bulan koq sepertinya ada yang aneh dengan Windows XP kesayangan ini, booting aja lamaaa…buka aplikasi Photoshop yang biasanya lama (hehe..) jadi semakin lamaaa….

Belum lagi pengen tetap mempertahankan menggunakan aplikasi WindowBlinds terbaru, itu lho aplikasi yang bisa merubah-ubah interface (Visual Style) Windows XP kita menjadi lebih keren, bahkan jika kartu grafis kamu support per-pixel border, versi terbaru dari WindowBlinds ini bisa memanipulasi taskbar dan Windows Border jadi Glassy mirip Windows Vista, haha..lagi-lagi Windows Vista. Yo wis…jadi ngelantur dari judul nehhh…

Tapi kayaknya, di luar juga Windows Vista itu penggunanya nggak banyak-banyak banget dechh..alasannya? kalo emang banyak, kenapa coba ada aplikasi yang namanya VISTA Transformation Pack, coba aja klik teks nya buat Googling, sampai tulisan ini saya buat udah nyampe versi 8.01, belum lagi aplikasi lain (VistaMizer, SDF Vista Shellpack..dsb) yang tujuannya sama yakni mempermak Windows XP biar agak-agak mirip sodaranya si Vista itu…btw, lumayanlah…daripada lu manyun…hehe…

Ok, sekarang kita pada intinya….

Windows XP itu udah lumayan makan resources yang cukup gede, jadi cukup banyak yang bisa dipangkas biar bikin Windows XP jadi lebih ringan, jika kamu user dengan low end spec hardware yang saya maksud tadi ataupun yang pengen Windows XP nya lebih ngebut lagi, silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

1. Paling standar kamu bisa mengurangi aplikasi-aplikasi yang berjalan secara otomatis saat windows di jalankan di folder

C:\Documents and Settings\All Users\Start Menu\Programs\startup…

C:\Documents and Settings\Username\Start Menu\Programs\startup…

Hapus pintasan /shortcut yang tidak perlu atau jarang digunakan seperti Nokia PC suite, karena kamu bisa jalankan secara manual tiap kali anda mau menghubungkan Ponsel ke PC kamu…kamu juga bisa mempertimbangkan aplikasi lainnya yang ada di kedua folder tersebut.

2. Untuk startup yang lainnya yang ada di Registry, klik MenuàRun.. lalu ketik msconfig lalu klik Startup (kedua dari kanan), lalu hilangkan tanda centang/checklist dari daftar aplikasi di bawahnya dengan menggunakan pertimbangan serupa dengan no 1 di atas. Setelah itu Klik ApplyàClose, terserah anda mau Restart sekarang atau nanti..

3. Sekarang Non-aktifkan Service yang sama sekali tidak pernah kamu rasa manfaatnya, ato istilahnya “Pelayanan” yang karena satu dan lain hal tidak kamu butuhkan dari kelebihan Windows XP kamu. Caranya: Masuk ke Control Panel àAdministratif Tools, lalu Klik ganda Services. Kamu akan mendapatkan jendela daftar “Pelayanan” dari Windows XP kamu, yang mana dari sekian banyak daftar tersebut bisa kamu non-aktifkan /di disable.

Pertimbangan-pertimbangan:

1. Jika PC kamu tidak pernah terhubung ke Internet atau jaringan (misalnya biasa menggunakan Warnet buat koneksi ke dunia maya), kamu bisa men disable Service - service berikut ( caranya: Klik ganda dari daftar serviceàstartup type, pilih Disable, lalu klik OK):

1. Application Layer Gateway Service

2. ASP.NET State Service

3. Automatic Updates

4. Background Intelligent Transfer Service

5. ClipBook

6. Computer Browser

7. DHCP Client

8. Distributed Link Tracking Client

9. Distributed Transaction Coordinator

10. DNS Client

11. Error Reporting Service

12. Extensible Authentication Protocol Service

13. Google Updater Service(jika ada, service ini merupakan bawaan Google toolbar yg di Bundle dengan Game dari GameHouse)

14. HTTP SSL

15. IPSEC Services

16. Messenger

17. Net Logon

18. NetMeeting Remote Desktop Sharing

19. Network Access Protection Agent

20. Network Connections

21. Network DDE

22. Network DDE DSDM

23. Network Location Awareness (NLA)

24. Network Provisioning Service

25. Remote Access Auto Connection Manager

26. Remote Access Connection Manager

27. Remote Desktop Help Session Manager

28. Remote Registry

29. Routing and Remote Access

30. Secondary Logon

31. Security Accounts Manager

32. Server

33. SSDP Discovery Service

34. TCP/IP NetBIOS Helper

35. Telephony

36. Telnet

37. Terminal Services

38. WebClient

39. Windows Firewall/Internet Connection Sharing (ICS)

40. Windows Time

41. WMI Performance Adapter

42. Workstation

2. Jika kamu User satu-satunya di PC kamu, dalam artian tidak ada User Account yang lain, kamu bisa mendisable service ini:

Fast User Switching Compatibility

3. Lainnya,

1. Help and Support, service ini dipakai jika kamu mengakses bantuan Help and Support di Start Menu, service ini juga diharus kan aktif jika kamu mau install aplikasi/Update tertentu dari Microsoft. Saya pernah coba menginstall paket bahasa Indonesia untuk Windows XP, tidak berhasil install sebab service ini di disable.

2. Security Center, Service inilah yang memunculkan icon shield berwarna merah di taskbar. Yang memberitahukan jika Virus definition dari Antivirus kamu Out of date, dsb. Jika kamu risih dengan pemberitahuan tsb, kamu boleh mendisable service ini.

3. Task Scheduler, Service ini digunakan untuk menjalankan jadwal secara otomatis pada saat yang telah ditentukan. Misalnya Antivirus kamu akan scanning system tiap hari jum’at jam 00.00, dsb. Jika kamu tidak pernah menjadwalkan apapun, kamu boleh mendisable service ini.

4. Print Spooler, Service ini digunakan pada saat kamu mencetak/print. Jika kamu tidak menggunakan printer, kamu boleh mendisable service ini.

5. System Restore, Service ini digunakan untuk membuat Restore point, jika kamu menggunakan Acronis True Image atau aplikasi Backup lainnya, kamu boleh mendisable service ini. Selain itu juga, jika service ini aktif, tiap restore poin yg di buat cukup memakan space HDD yang lumayan gede lho…

Ada yang mau menambahkan? Silahkan…

Catatan, daftar Service pada tiap PC kemungkinan berbeda karena aplikasi yang kamu install bisa saja menambah daftar “pelayanan” tersebut, pastinya “pelayanan” itu bukan dari Windows XP kamu…. ;p

Rumit? Sama skali tidak bukan?

Jika pengen lebih aman silahkan Googling buat aplikasi Ace Utilities, versi terbarunya menambahkan pilihan buat mendisable service di Autostart Manager-nya

4. Untuk menghemat Space HDD, kamu boleh menghapus smua file di direktori C:Windows\System32\dllcache….(Hidden, kurang-lebih 500 mb)

Folder tersebut berisi backup file-file penting windows yang apabila terhapus secara sengaja atau tidak, atau termodifikasi oleh virus secara otomatis Windows akan menyalin file tersebut dari folder itu. Jika folder tersebut dikosongkan gantinya Windows akan memunculkan pesan “Windows File Protection” yg meminta kamu memasukan CD Windows XP kamu untuk Me-replace fie yg terhapus tersebut. Jika faham tentang hal ini, silahkan kosongkan folder yg dimaksud untuk menghemat ruang HDD kamu…

Kamu juga bisa mengosongkan folder Temp untuk menghemat ruang HDD kamu,

Defaultnya, folder ini ada di C:\Documents and Settings\username\Local Settings\Temp…

Karena folder itu berada jauh dan dengan atribut Hidden sebaiknya kamu pindahkan saja ke tempat yang lebih mudah dijangkau, misalnya ke C:\Windows\Temp..

Caranya: Klik kanan icon My Computer, pilih Tab Advanced, Klik Environtment Variable, pada System Variable, scroll ke bawah lalu klik ganda TEMP, lalu Edit Variable Value menjadi C:Windows\Temp

Lakukan hal yang sama pada TMP di System Variable…

Kosongkan folder C:Windows\Temp.. secara berkala..

5. Terakhir, bersihkan Registry secara berkala menggunakan aplikasi Registry Cleaner Favorit kamu, saya pake Ace Utilitis juga TuneUp Utilities 2009.

Terima kasih.

Your Ad Here

1 Komen:

Anonim mengatakan...

hoooh...ho...Keren, keren... Makasih...

Posting Komentar